Holding Hands

Sinergi Industri Aktuaria Indonesia

Bahwa usaha jasa Konsultan Aktuaria merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang mempunyai peranan penting dalam peningkatan dan pengembangan industri Asuransi, Dana Pensiun dan industri lainnya, maka para pelaku industri Jasa Aktuaria mendirikan Asosiasi Profesi dalam industri jasa Konsultan Aktuaria.

Icon 1
Sejarah Asosiasi Kantor Konsultan Aktuaria Indonesia (AKKAI)

Ruang Meeting AKKAI

Asosiasi Kantor Konsultan Aktuaria Indonesia (AKKAI) berdiri berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia dan didirikan pada tanggal 13 Desember 1991 berdasarkan Akte Nomor 09 dihadapan notaris Buchari Hanafi, SH., dengan nama Asosiasi Konsultan Aktuaria Indonesia (AKAI) yang berkedudukan di Jakarta.

Berdasarkan Rapat Anggota Tahun 2022 Asosiasi Konsultan Aktuaria Indonesia (AKAI) berubah nama menjadi Asosiasi Kantor Konsultan Aktuaria Indonesia (AKKAI) yang memiliki organ organisasi terdiri dari Rapat Anggota, Majelis Kehormatan, dan Pengurus, yang dipilih berdasarkan Rapat Anggota untuk periode 3 (tiga) tahun.

Visi AKKAI

Menjadi Asosiasi Kantor Konsultan Aktuaria yang bertanggung jawab dan komitmen untuk terus meningkatkan kepercayaan pasar serta mengembangkan pengetahuan pasar atas jasa konsultan aktuaria.

Misi AKKAI

Menjadi asosiasi kantor konsultan aktuaria yang memiliki anggota yang profesional, kompeten dan independen, serta mempunyai kesatuan dalam meningkatkan dan mengembangkan industri Asuransi dan dana pensiun pada khususnya, serta industri lainnya yang membutuhkan penerapan Teknik dan metode serta praktik aktuaria.

Ruang Meeting AKKAI

Tujuan AKKAI

Asosiasi Kantor Konsultan Aktuaria Indonesia (AKKAI) didirikan bertujuan untuk:

  • Membela dan memperjuangkan hak serta kepentingan anggota dalam menjalankan tugas profesinya sesuai dengan peraturan atau perundangan yang berlaku
  • Membina dan memelihara kerukunan, serta mencegah prsaingan yang tidak sehat diantara Anggota
  • Meningkatkan kualitas profesionalisme para Anggota dalam memberikan jasa pelayanan aktuaria
  • Mengembangkan peran Konsultan Aktuaria dalam industri asuransi, dana pensiun, dan Industri keuangan secara luas
  • Meningkatkan perhatian dan pengetahuan masyarakat secara luas terhadap jasa Konsultan Aktuaria
Ruang Meeting AKKAI

Kegiatan Pokok AKKAI

Asosiasi Kantor Konsultan Aktuaria Indonesia (AKKAI) memiliki kegiatan pokok berikut:

  1. Menghimpun dan mempersatukan Kantor Konsultan Aktuaria untuk menjadi Anggota.
  2. Melakukan pertemuan berkala di antara para anggota.
  3. Melakukan pembinaan anggota, termasuk dan tidak terbatas pada pembinaan kepatuhan anggota terhadap keputusan atau ketentuan atau peraturan yang dikeluarkan oleh asosiasi, ketentuan atau perundangan yang berlaku, dan standar profesi lainnya yang terkait dengan jasa konsultan aktuaria.
  4. Menyusun dan menjalankan program pengembangan profesi secara berkelanjutan bagi Anggota.
  5. Mengusahakan terselenggaranya kegiatan-kegiatan dan/atau tersedianya sarana informasi bagi publik dalam rangka meningkatkan perhatian dan pengetahuan masyarakat secara lebih luas terhadap jasa konsultan aktuaria.
  6. Memelihara dan meningkatkan kerjasama dengan Pemerintah, pelaku usaha, bisnis dan industri, serta asosiasi profesi, institusi, badan atau organisasi lainnya, di dalam maupun di luar negeri, untuk kepentingan anggota.
  7. Usaha-usaha dan kegiatan lain yang dianggap perlu dan bermanfaat sepanjang tidak bertentangan dengan tujuan asosiasi.
Susunan Pengurus AKKAI